Warga Perumahan di Tanjungpinang Resah Buaya Muncul ke Permukaan Rawa
Buaya muara ukuran tiga meter naik ke permukaan perumahan warga di Tanjungpinang, Kepri, Jumat (27/5). ANTARA/HO-Damkar Tanjungpinang

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Warga Perumahan Griya Hang Lekir Indah di Kilometer 9 Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), resah dengan kemunculan buaya muara di permukaan rawa sekitar rumah.

Seorang warga Yani mengatakan buaya berukuran panjang sekitar 3 meter itu tiba-tiba muncul di permukaan rawa-rawa, persisnya di belakang perumahan tersebut.

"Buaya kerap muncul dalam setahun terakhir dan ini dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan warga terutama anak-anak," kata Yani dikutip Antara, Jumat, 27 Mei.

Yani dan keluarga yang sudah 4 tahun tinggal di perumahan tersebut meminta Pemkot Tanjungpinang segera mencari solusi penanganan buaya sehingga warga merasa aman dan nyaman tinggal di perumahan setempat.

"Tadi kami langsung lapor ke Dinas Pemadam Kebakaran setelah melihat ada buaya di sini," ujar Yani.

Sementara itu, Analis Ahli Muda Dinas Pemadam Kebakaran Tanjungpinang Eka Syahputra menyampaikan pihaknya langsung ke lokasi kejadian usai menemukan laporan warga yang melihat buaya di perumahan Griya Hang Lekir Indah.

Namun sampai saat tiba di lokasi, katanya, buaya tersebut sudah pergi dan diduga bersembunyi di area rawa-rawa yang ada di lingkup perumahan sekitar.

"Kita bersama warga akan berupaya menangkap buaya itu dengan cara memancing menggunakan umpan daging," ujar Eka.

Ia juga mengimbau warga perumahan setempat, khususnya anak kecil untuk sementara lebih berhati-hati dan tidak bermain di permukaan rawa-rawa untuk menghindari konflik antara manusia dan buaya.