Menko PMK: COVID-19 Tak Alami Kenaikan Signifikan Bahkan Menurun
Menko PMK Muhadjir Effendy/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kasus COVID-19 tak mengalami kenaikan pasca mudik Lebaran 2022.

Hal ini disampaikannya usai Rapat Terbatas (Ratas) Evaluasi Mudik Lebaran 2022 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Mei.

"Alhamdulillah sampai sekarang juga COVID tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan bahkan cenderung menurun," kata Muhadjir seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Tak hanya itu, Muhadjir juga menyebut capaian vaksinasi dan booster sudah maksimal.

Muhadjir juga menyinggung kesuksesan mudik lebaran tahun ini. Kata dia, ada enam parameter yang jadi penentu penanganan mudik tersebut.

Pertama, tata kelola lalu lintas selama arus mudik maupun arus balik. Kedua, pengendalian COVID-19.

"Ketiga adalah bahan baku pangan dan bahan bakar, terakhir juga booster yang menjadi perhatian," tegasnya.

"Dan Alhamdulillah, dari enam variabel ini, semua tercapai dengan sangat memuaskan," imbuh Mujadjir.

Dengan berbagai kesuksesan ini, Muhadjir mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holder mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Polri, TNI, hingga pihak BUMN.

Apresiasi, sambung Muhadjir, juga diberikan Jokowi pada semua pihak termasuk masyarakat yang tetap disiplin saat melaksanakn mudik.

"Bapak presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh wagra masyarakat terutama mereka yang telah menjalankan mudik 2022 atas kedisiplinannya, kepatuhannya terhadap ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah," ungkapnya.

"Termasuk di dalamnya adalah tertib menggunakan jalan ketika sedang dalam perjalanan, termasuk juga kepatuhan terhadap prokes, dan kepatuhan-kepatuhan yang lain," pungkas Muhadjir.