Fujifilm Ajukan Persetujuan Favipiravir untuk Obat COVID-19 di Jepang
Obat favipiravir (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan Fujifilm Holdings telah mengajukan persetujuan obat antiinfluenza, Avigan sebagai obat COVID-19 kepada otoritas Jepang. Hal ini menyusul hasil positif dalam studi tahap akhir yang dilakukan.

Fujifilm sebelumnya mengklaim studi tahap akhir Avigan menunjukkan percepatan waktu penyembuhan pasien COVID-19 dengan gejala tak parah. Kabar tersebut berdampak positif bagi Fujifilm, dengan kenaikan saham 3 persen.

Ujiklinis tahap akhir yang melibatkan 156 pasien di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi obat Avigan sembuh setelah 11,9 hari. Hasil itu menunjukkan keunggulan dibanding penggunaan kelompok pengguna plasebo yang memakan waktu 14,7 hari.

Anak cabang perusahaan, Fuji Film Toyama Chemical mengatakan hasil ini signifikan secara statistik. Avigan, yang dikenal dengan nama generik favipiravir, disetujui di Jepang sebagai obat influenza.

Obat tersebut kini menjadi subjek pada sedikitnya 16 uji klinis di seluruh dunia. Namun, kekhawatiran atas obat tersebut masih ada lantaran Avigan terbukti menyebabkan cacat lahir dalam pengujian pada hewan.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menggembar-gemborkan potensi Avigan sebagai kontribusi Jepang terhadap perlombaan global dalam menemukan obat COVID-19.