Kasus Aktif COVID-19 di Bangkalan Bertambah Satu Orang Setelah Pekan Lalu Nihil
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

BANGKALAN - Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, bertambah satu orang, setelah pekan lalu nihil.

Berdasarkan data yang dirilis masing-masing dinas kesehatan di Pulau Madura pada 13 Mei 2022, data kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Bangkalan sama dengan dua kabupaten lain, yakni Kabupaten Sampang dan Sumenep yang juga nihil.

"Tapi per tanggal 17 Mei 2022, kami ada tambahan kasus aktif baru satu orang," ujar Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo dikutip Antara, Rabu, 18 Mei.

Warga yang positif COVID-19 ini, merupakan hasil pemeriksaan oleh petugas puskesmas saat warga melakukan pemeriksaan kesehatan. Berdasarkan hasil tes, yang bersangkutan dinyatakan positif COVID-19.

Kepala dinkes menjelaskan, kasus aktif di Bangkalan bertambah setelah libur Lebaran.

"Sebelum Lebaran tidak ada," katanya.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemkab Bangkalan, total jumlah warga yang positif COVID-19 per tanggal 17 Mei 2022 sebanyak 7.577 orang, dengan perincian 6.822 orang sembuh, 754 orang meninggal dunia dengan jumlah kasus aktif saat ini satu orang.

Menurut Sudiyo, meski jumlah kasus aktif bertambah, namun jika dibanding enam bulan sebelumnya telah berkurang.

Sebab, kala itu, katanya, jumlah kasus aktif di kabupaten paling barat Pulau Madura itu sempat mencapai 20 orang lebih.

"Kami juga tetap meningkatkan kewaspadaan guna mencegah penyebaran, terutama di tempat keramaian, dengan tetap menggencarkan sosialisasi kepada warga," katanya.

Operasi yustisi tentang penegakan disiplin protokol kesehatan hingga kini tetap dilakukan di Bangkalan.

Pelonggaran pada penggunaan masker, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, menurutnya, hanya untuk di ruang terbuka, sedangkan di ruangan tertutup, tetap harus menggunakan masker.

Terkait