Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Pemprov DKI akan memfasilitasi lokasi latihan para atlet sepatu roda di jalan raya.

Hal ini disampaikan Riza usai menerima Pengurus Besar Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Persoresi) di Balai Kota DKI Jakarta.

Riza menuturkan, penyediaan sarana latihan sepatu roda ini akan dilakukan imbas dari kejadian para atlet melaju di Jalan Gatot Subroto dan dikritik banyak pihak karena membahayakan pengguna jalan.

"Pemprov DKI bakal mendukung, memfasilitasi, membantu agar semua cabang olahraga yang ada, termasuk sepatu roda, skateboard agar dapat dukungan sebaik mungkin, termasuk membantu menyiapkan sarana dan fasilitas semua," kata Riza, Jumat, 13 Mei.

Berdasarkan penjelasan PB Persoresi, ada atlet yang memang membutuhkan tempat latihan di jalan raya. Sebab, dalam suatu olimpiade, terdapat perlombaan luar ruangan dengan panjang lintasan 10 kilometer hingga 42 kilometer.

Sementara, sarana olahraga sepatu roda yang ada di Jakarta hanya berada di dalam ruangan, yakni di Jakarta International Roller Track Arena (JITRA) di Sunter, Jakarta Utara.

Oleh sebab itu, ketika para atlet sepatu roda difasilitasi berlatih di jalan raya nanti, Pemprov DKI akan menurunkan jajaran Dinas Perhubungan dan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengawalan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

"Nanti itu model road track akan sedang disiapkan ke depannya. Kita perlu tingkatkan kembali karena sementara belum ada tempat yang memenuhi syarat roll track di Indonesia. Paling tidak, ke depan menggunakan jalan raya," ucap Riza.

"Nanti dicari waktunya yang tidak sibuk, yang tidak mengganggu ketertiban umum, dan harus dikawal oleh pihak kepolisian dan Dishub dengan batas (jalan) serta marka," lanjutnya.