Bobby Nasution Dukung Pembangunan Rumah Panggung Atasi Banjir Rob Medan Utara
Wali Kota Medan Bobby Nasution mendengar pemaparan rumah panggung di Balai Kota Medan, Rabu (11/5/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan, Sumut, Bobby Nasution mendukung penuh panitia pembangunan rumah panggung untuk mengatasi banjir rob yang terjadi sebulan dua kali di Medan bagian Utara.

"Kalau memang proyeknya sesuai dengan gambar yang ditampilkan, kami akan mendukung penuh dan menyosialisasikan kepada masyarakat," tegas Bobby dilansir Antara, Kamis, 12 Mei.

Hal ini disampaikan Bobby Nasution usai menerima kunjungan panitia pembangunan rumah panggung di wilayah Medan bagian Utara di Balai Kota Medan.

Didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan, Bobby Nasution mengingatkan, ketika proyek ini dilakukan nantinya, maka harus dipastikan permasalahan banjir rob teratasi.

"Tujuan membangun rumah panggung ini untuk menyelesaikan dua permasalahan, yakni banjir rob dan tempat tinggal layak huni. Dua hal ini harus jadi acuan utama pembangunan ini," kata Bobby.

"Saya ingin seluruh persoalan ini benar-benar bisa diselesaikan tanpa melihat mana yang memiliki lahan dan yang tidak," ungkap Wali Kota Medan.

Ida Mariana Harahap, pimpinan rombongan panitia pembangunan rumah panggung di Medan bagian Utara mengaku, Lingkungan VIII Kelurahan Belawan Bahari, Medan Belawan sebagai proyek percontohan tahap pertama.

"Tahap pertama pembangunan rumah panggung dengan tipe 36 kita lakukan diperuntukkan bagi 600 kepala keluarga," terangnya.

"Rumah panggung yang dibangun nantinya diberikan secara gratis kepada warga. Kita juga akan membuat ruang terbuka hijau, dan menanam mangrove upaya mengantisipasi banjir rob," kata Ida.