Bukan di Film, Penumpang Tanpa Pengalaman Terbang Ini Mampu Mendaratkan Pesawat Secara Darurat di Bandara
Palm Beach International Airport, Florida, Amerika Serikat. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang penumpang tanpa pengalaman terbang mampu mendaratkan pesawat pribadi dengan selamat di bandara Selasa lalu, saat sang pilot diduga memiliki masalah kesehatan.

Saat situasi berlangsung, penumpang terdengar mengatakan kepada kontrol lalu lintas udara bahwa dia tidak tahu cara menerbangkan pesawat, menurut audio LiveATC.net yang diperoleh CNN, seperti dikutip 11 Mei.

"Saya mendapat situasi serius di sini," kata penumpang tak dikenal itu dalam audio.

"Pilot saya menjadi tidak koheren, dan saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat," lanjutnya memberitahu dirinya tidak memiliki pengalaman.

Kemudian pengontrol lalu lintas udara (ATC) mulai memberikan instruksi kepada penumpang tersebut tentang pendaratan pesawat, menurut audio, yang akhirnya mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di Florida, Amerika Serikat.

"Cobalah untuk menahan sayapnya dan lihat apakah Anda bisa mulai turun. Dorong ke depan pada kontrol dan turun dengan kecepatan yang sangat lambat," pengontrol lalu lintas udara terdengar memberi tahu pria itu.

"Cobalah mengikuti pantai ke utara atau ke selatan. Kami sedang mencoba mencarimu," sambung pihak ATC lagi.

Dalam audio tambahan yang ditangkap oleh LiveATC.net, pengontrol lalu lintas udara lain dapat terdengar memberi tahu pesawat lain apa yang telah terjadi.

"Anda baru saja menyaksikan beberapa penumpang mendaratkan pesawat itu," operator menara terdengar memberi tahu seorang pilot American Airlines yang menunggu untuk lepas landas ke Charlotte, North Carolina.

"Apakah Anda mengatakan penumpang mendaratkan pesawat?" tanya pilot American Airlines.

"Ya Tuhan. Kerja bagus," pujinya.

Dua orang berada di dalam pesawat Cessna 208 bermesin tunggal, ketika sang pilot ketika pilot memiliki "kemungkinan masalah medis," kata Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dalam sebuah pernyataan.

Kondisi pilot tidak segera diketahui. Pihak FAA pun langsung menggelar penyelidikan terkait peristiwa ini.