Aksi Begal Anggota TNI Dilakukan Terencana: Polisi Periksa Sembilan Tersangka Terkait Penggunaan Narkoba
Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kasatreskrim Polres Metro Jakarta Sekatan, AKBP Ridwan Soplanit mengatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap sembilan tersangka begal dua prajurit TNI Angkatan Darat (AD) dari kesatuan Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya.

Sembilan pelaku begal berinisial MRH (20), MRM (19), RM (24), NB (16), FR (17), TP(21), MAH (15), AM (19) dan R (19). Kepolisian mengetahui bahwa sebelum komplotan ini beraksi, terlebih dahulu mengadakan pesta minuman keras (miras) di Kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

"Kalau (penggunaan) Narkoba) masih dalam proses, mungkin nanti (dilakukan) pengecekan," kata Ridwan saat dikonfirmasi, Rabu, 11 Mei.

Menurut Ridwan, kondisi pelaku dalam keadaan tidak sadar karena dalam pengaruh alkohol, kemungkinan membuat mereka terbesit melakukan aksi nekat pembegalan tersebut.

"Alkohol dulu kemudian mereka berjalan bersama-sama dengan kelompok motor tersebut sampai ketemu dengan dua korban itu, tapi itu dibawah pengaruh alkohol semua," katanya.

Ia menuturkan ada salah ada beberapa pelaku yang berkeinginan merampas motor. Kemudian mereka kompak untuk melakukan bersama-sama.

Mereka akhirnya memutuskan keliling untuk mencari target sasaran hingga akhirnya menemukan dua korban berboncengan tengah mengendari motor. Namun, mereka tidak mengetahui bila yang jadi sasaran seorang TNI Angkatan darat

"Ada yang punya ide dan sampai ada ide lain untuk melakukan hal bersama-sama secara kompak. (korban) tidak menggunakan seragam(TNI AD)," tutupnya.