Kunjungi Bali, Wapres Apresiasi Tingginya Semangat Pelaku UMKM untuk Bangkit
Wapres Maruf Amin saat kunjungi UMKM di Bali/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi tingginya semangat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Bali untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang mulai melandai.

Hal itu disampaikan Wapres saat meninjau kawasan UMKM di Pantai Jerman, Badung, Bali, Selasa 10 Mei, sebagaimana disaksikan dalam rekaman video di Jakarta.

"Saya melihat walau sudah pernah mengalami tekanan beberapa lama karena COVID-19, tapi semangat tidak patah. Tadi saya bicara dengan mereka, semangatnya tinggi," kata Wapres.

Wapres menilai capaian vaksinasi booster di Bali yang sudah menyentuh angka 68 persen semakin menjadikan Bali aman dikunjungi. Wapres pun optimistis ekonomi Bali akan pulih kembali.

“Jadi ini menunjukkan bahwa Bali sudah pulih sebenarnya, oleh karena itu wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal dalam negeri tidak perlu khawatir datang ke Bali,” ajaknya.

Wapres mengatakan promosi destinasi wisata Bali perlu digencarkan kembali, baik ke seluruh pelosok negeri maupun mancanegara.

Di lokasi yang sempat tutup akibat pandemi COVID-19 dan baru dibuka kembali pada Februari 2022 ini, Wapres berkeliling dan berinteraksi dengan para penjual makanan, pakaian, dan cinderamata khas Bali untuk mendengar secara langsung mengenai kondisi ekonomi para pengusaha UMKM saat ini.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Wapres, sejumlah pelaku UMKM bersukacita bisa berdialog langsung dengan Wapres.

“Terima kasih kedatangan Bapak ke Bali, kebetulan saya ketemu sama Bapak Wakil Presiden di sini, saya lihat biasanya cuman di televisi, sekarang saya bertemu langsung, siap maju terus pak,” ujar salah satu penjual cinderamata Made Listriani.

Pada kesempatan itu, Wapres dan istri juga sempat berbelanja makanan dan cinderamata seperti topi, gelang, gantungan kunci khas Bali untuk oleh-oleh keluarga, sebelum bertolak kembali ke Jakarta.