Ada Demo, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitaran Monas
Monas (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI menyiapkan rekayasa lalu lintas, sehubungan dengan rencana aksi unjuk rasa yang digelar oleh ormas Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI), dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Sejak semalam hingga hari ini, Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo melakukan penutupan sejumlah ruas jalan di sekitaran Monas.

Jalan yang ditutup adalah Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Museum, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Majapahit, Jalan Veteran, serta akan dilakukan penutupan secara situasional pada Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan. 

"Agar menjadi perhatian bagi masyarakat yang akan beraktivitas, sejak semalam kami telah menutup sejumlah ruas jalan. Untuk itu, kami juga telah siapkan pengalihan arus lalu lintas," ucap Syafrin dalam keterangannya, Selasa, 13 Oktober.

Selain itu, Parkir IRTI Monas juga telah ditutup untuk umum sejak 12 Oktober 2020 pukul 22.00 sampai dengan 14 Oktober 2020 pukul 01.00 pagi.

"Bagi pengguna fasilitas parkir IRTI Monas agar menggunakan fasilitas parkir lainnya," ungkap Syafrin.

Selanjutnya, Syafrin juga meminta masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan di sekitar lokasi aksi demonstrasi. Lebih baik, kaya Syafrin, masyarakat menghindari jalan-jalan tersebut.

"Kepada masyarakat pengguna moda transportasi Kereta Api menuju Stasiun Gambir agar menyesuaikan waktu dan rute perjalanan," kata dia.

"Dan kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta tetap mengutamakan keselamatan di jalan," lanjutnya.

Caption

Berikut adalah rincian skema pengalihan arus lalu lintas :

1. Lalu lintas dari arah Utara/ Kota dialihkan di Simpang Harmoni - Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari arah Selatan/ Blok M dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih - Jalan Fakhrudin - Jalan Cideng Barat - Jalan Suryopranoto/ Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

3. Lalu lintas dari arah Barat/ Slipi dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih - Tugu Tani - Kwitang/ Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

4. Lalu lintas dari arah Timur/ Pulogadung dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Abdul Muis dan seterusnya.