Hari Pertama Masuk Kerja, Masih Ada Pemudik yang Justru Baru Pulang Kampung
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran, belum ada penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.

Hal ini dikatakan staf otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Ardian. Katanya, H+6 Lebaran 2022 atau Senin hingga pukul 14.00 WIB belum ada penumpang yang datang.

"Sampai sekarang, belum ada," kata Ardian dikutip dari Antara, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin 9 Mei.

Menurutnya, kedatangan di pelabuhan tersebut akan terjadi pada sore hari.

"Infonya, nanti sore ada kapal tiba, yakni Kapal Motor (KM) Sawita. Kalau tidak salah, dari Belitung," kata Ardian.

Ketiadaan penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok menyebabkan suasana di sekitar pelabuhan tampak sepi.

Kondisi di pelabuhan ini, hanya terlihat sejumlah calon penumpang yang duduk di kursi ruang tunggu. Mereka merupakan calon penumpang dengan tujuan Pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang akan menaiki KM Star Belitung pada sore hari.

Salah satu penumpang bernama Yoga mengatakan dirinya baru memiliki kesempatan mudik pada H+6 Lebaran 2022 dari Jakarta menuju kampung halaman di Belitung.

"Baru bisa mudik sekarang. Katanya, kapal berangkat sore," ucap Yoga.

Berdasarkan data dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, kedatangan kali terakhir kapal terjadi pada Sabtu (7/5) atau H+4 dengan penumpang sebanyak 2.097 orang menggunakan dua kapal.

Pada Sabtu (7/5) pukul 07.00 WIB, penumpang tiba di Jakarta sebanyak 710 orang menggunakan KM Dorolonda. Kemudian pada malam harinya, pukul 21.52 WIB sebanyak 1.387 penumpang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dengan KM Kelud.

Saat kedatangan KM Kelud, Polres Pelabuhan Tanjung Priok melakukan proses "random sampling" atau tes acak COVID-19 terhadap pemudik yang kembali ke Ibu Kota Jakarta.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan tes acak dilakukan untuk mengantisipasi adanya kasus baru COVID-19 usai perayaan Lebaran 2022.

"Kami dari kepolisian akan berupaya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan tes 'swab' antigen secara acak atau 'random' kepada para penumpang dan kru kapal yang tiba di Tanjung Priok, selepas mudik Lebaran 2022," ujar Kholis.