Setiap Jam 3 Sore, Kawasan Malioboro Disemprot Disinfektan Cegah COVID-19
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pemkot Yogyakarta melakukan pencegahan penularan COVID-19 pada masa libur Lebaran 2022 di kawasan utama wisata Malioboro dengan disinfeksi secara rutin setiap sore hari.

“Disinfeksi rutin kami lakukan setiap sore hari sekitar pukul 15.00 WIB selama satu jam,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta Ekwanto di Yogyakarta, Jumat 6 Mei.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di sepanjang pedestrian Jalan Malioboro serta di sentra relokasi pedagang kaki lima yaitu di Teras Malioboro.

Penyemprotan disinfektan saat libur Lebaran baru dilakukan untuk pertama kalinya tahun ini dengan harapan dapat mencegah potensi penularan COVID-19.

Orang yang datang ke kawasan Malioboro selama libur Lebaran ini mengalami kenaikan sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi penularan virus.

Meskipun sudah melakukan upaya pencegahan penularan virus, namun Ekwanto juga meminta agar pengunjung di kawasan Malioboro dapat menjalankan protokol kesehatan dengan baik, terutama memakai masker dengan benar.

“Petugas kami di lapangan pun berupaya semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan dengan pengecekan suhu tubuh wisatawan yang masuk Malioboro,” katanya dilansir dari Antara.

Ia juga meminta petugas keamanan Malioboro, Jogoboro, untuk selalu mengingatkan pengunjung agar menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker secara benar dan mengurai kerumunan.

Penerapan jalan searah untuk tiap sisi pedestrian juga diupayakan diterapkan agar semua pengunjung berjalan ke arah yang sama sehingga tidak saling berpapasan.

Kawasan Malioboro diperkirakan akan terus dipadati pengunjung dan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini. “Pengunjung ke Teras Malioboro bisa mencapai 30.000 orang per hari,” katanya.

Keramaian wisatawan yang datang ke Malioboro, lanjut Ekwanto, sekaligus memecahkan anggapan pedagang kaki lima yang khawatir tidak laku berjualan apabila dipindahkan ke lokasi baru.

“Buktinya puluhan ribu orang datang ke Teras Malioboro 2. Pedagang kaki lima masih dicari oleh pengunjung meskipun sudah direlokasi,” katanya.