Wisatawan yang Berkunjung ke TN Kelimutu Capai 4.545 Orang
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan Danau Kelimutu di Kabupaten Ende. ANTARA/Ho-Instagram BTN Kelimutu.

Bagikan:

KUPANG - Balai Taman Nasional Kelimutu mencatat terdapat 4.545 wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata danau tiga warga berada di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Jumlah itu terhitung sejak tanggal 2 hingga 3 Mei," kata Kepala Balai TN Kelimutu Hendrikus Rani Siga SL dikutip Antara, Rabu, 4 Mei.

Dia mengatakan jumlah kunjungan wisatawan itu didominasi oleh wisatawan domestik, sementara wisatawan luar negeri atau mancanegara tercatat hanya 11 orang dari 4.545 wisatawan yang disebutkan tersebut.

Hendrikus juga menilai jumlah kunjungan wisatawan tersebut cukup meningkat di libur Idulfitri pada tahun 2022 ini.

"Kami juga cukup kewalahan mengatur keluar masuknya wisatawan yang datang karena tahun ini kembali di buka setelah pada tahun 2021 lalu tidak dibuka karena pandemi COVID-19," tambah dia.

Menurut Hendrikus, sebenarnya untuk mengatasi membludaknya wisatawan pihaknya sudah menyiapkan cara pemesanan tiket melalui daring.

Tetapi justru yang terjadi di lapangan sejak tanggal 2-3 Mei lalu wisatawan justru langsung ke kawasan TN Kelimutu untuk memesan tiket.

Karena itu ujar dia untuk mengatasi menumpuk nya wisatawan di kawasan itu, pihaknya menggunakan sistem buka tutup kawasan wisata itu.

"Jadi kita siapkan sistem buka tutup. Karena wisatawan yang datang justru sangatlah banyak," tambah dia.

Pihaknya juga selalu mengimbau kepada wisatawan agar tetap mentaati protokol kesehatan selama berwisata di kawasan TN Kelimutu.

Ia pun memprediksi kawasan wisata TN Kelimutu akan terus didatangi oleh wisatawan selama masa liburan Idulfitri.