Wali Kota Depok Sebut Idulfitri Bukti Efektivitas  Amalan Ibadah Ramadan
Wali Kota Depok Mohammad Idris (foto: dok. antara)

Bagikan:

DEPOK- Hari Raya Idulfitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim. Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan Idulfitri merupakan sebuah bukti efektivitas amalan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan.

"Dengan segala dimensi kehidupan kemasyarakatan juga segala amal baik, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan harus merefleksikan seluruh aspek kehidupan manusia," kata Idris di Depok, Selasa, 3 Mei.

Idris menjelaskan Allah SWT dalam firmannya "La'allakum tattaqum" agar kita, kalian dan semuanya menjadi hamba Allah SWT yang selalu bertakwa kepadaNya.

"Takwa dalam artian sebenarnya, yaitu takut kepada Allah SWT, taat dalam kehidupan pribadi maupun sosial. Karena Islam tidak pernah membedakan antara keduanya," kata Idris, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, bertakwa dalam artian saleh adalah mereka yang melakukan komunikasi secara vertikal dengan Allah dan horizontal dengan sesama, antara lain, sosial kemasyarakatan, perekonomian, perdagangan dan kehidupan politik yang selama ini dirasakan kesenjangan komunikasi intrapersonal dan antar-personal.

"Untuk itu kita harus menyadari bahwa Allah SWT menjelaskan "la'allakum tattaqum" merupakan keluaran dan harus diwujudkan dalam sebuah bukti nyata bahwa kita adalah hamba Allah yang taat. Selain itu, merupakan refleksi dari kehidupan ibadah shalat kita, tarawih kita, kehidupan zakat kita, puasa kita, dan ibadah yang lainnya merefleksi seluruh kehidupan kita," ujarnya.