<i>Yukk</i> Warga Ternate Buat Malam Takbiran Aman dan Nyaman, Jauhi Miras, Geber Motor di Jalan atau Bakar Petasan
Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit (Via ANTARA)

Bagikan:

TERNATE - Polres Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta kepada masyarakat  tidak merayakan takbiran di jalan-jalan utama kota agar tidak terjadinya kemacetan.

Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit mengatakan, Polres Ternate telah berkoordinasi dengan Panitia Hari Besar Islam (PHB) untuk meminta masyarakat, terutama anak muda, agar tidak pawai yang akan menimbulkan kemacetan.

Dia berharap masyarakat melaksanakan takbiran di masjid-masjid terdekat. Jika masih ada yang merayakan di jalan utama, maka petugas akan mengarahkan ke jalur-jalur yang khusus agar menghindari kemacetan.

"Saya mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan berknalpot racing dan hindari petasan, dan yang paling penting hindari minuman keras, agar takbiran kali ini selalu aman dan nyaman," ujarnya di Ternate, Antara, Minggu, 1 Mei. 

Sebelumnya, Bagian Operasional (Ops) Polres Ternate, maluku Utara menyiapkan 11 titik Pos Pelayanan jelang mudik lebaran 1443 Hijriyah.

Kabag Ops Polres Ternate AKP Henri Alfredo Korwa mengatakan, 11 Pos itu terdiri dari 9 Pos Pelayanan dan 1 Pos pengamanan dan 1 Pos Terpadu.

"Dari 9 Pos Pelayanan itu bakal disebar di beberapa titik keramaian seperti pintu masuk dan keluar di areal Pelabuhan, bandara hingga di lokasi keramaian seperti pasar maupun pusat perbelanjaan lain," kata Henri.

Henri menambahkan, posnya akan disebar di beberapa tempat seperti Pelabuhan Semut Mangga Dua, Pelabuhan Dufa-Dufa, pelabuhan Bastiong dan Pelabuhan Feri untuk masyarakat yang mau pergi atau keluar daerah.

"Untuk 1 Pos Pam terpadu bakal ditempatkan di depan Masjid Al-Munawar, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah," katanya.

Ditanya terkait dengan jumlah personel yang akan melakukan pengamanan menurutnya, pengamanan dan pelayanan di pos tersebut sudah termasuk dalam operasi pekat sehingga jumlah peronel yang dilibatkan sebanyak 114.

Dia menjelaskan akan kota sebarkan ke 11 pos tadi supaya bisa melakukan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas agar tetap patuhi prokes.