Kapal KM Cermai Angkut Pemudik Sepeda Motor Gratis Rute Semarang-Surabaya Malam Ini
KApal KM Cermai (Foto: pelni.co.id)

Bagikan:

JAKARTA - Kapal KM Cermai akan mengangkut ratusan pemudik sepeda motor gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sebelumnya, kapal KM Dobonsolo sudah lebih dulu mengangkut ratusan pemudik sepeda motor dengan tujuan Semarang-Surabaya.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen S Sartoto mengatakan bahwa tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurangi kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua. Sehingga dapat meminimalisasi angka kecelakaan saat arus mudik Lebaran atau arus balik.

Pada pemberangkatan 26 April, kata Mugen, kapal KM Dobonsolo telah berhasil mengantarkan pemudik sepeda motor ke Semarang dan Surabaya dengan membawa 470 peserta mudik gratis 416 orang biasa dan 216 unit sepeda motor.

"Nanti malam (Jumat, 29 April) kita juga memberangkatkan satu kapal yaitu KM Ciremai yang akan diberangkatkan pukul 22.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan tujuan yang sama yaitu Tanjung Emas di Semarang dan Tanjung Perak di Surabaya," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, 29 April.

Mugen mengatakan kapal KM Ciremai tersebut dapat mengangkut 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang. Berita berdasarkan data posko mudik gratis hari ini sampai dengan pukul 13.00 WIB, jumlah pemudik yang mendaftar tercatat sebanyak 907 unit sepeda motor dan 1 985 orang dan yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 825 unit sepeda motor dan 1.877 orang.

"Mudah-mudahan masih ada sisa waktu, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini," ucapnya.

Mungkin mengungkapkan bahwa antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Hal ini tercermin dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir terisi penuh.

Sekadar informasi, rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta-Semarang-Surabaya (arus mudik) dan Surabaya-Semarang-Jakarta (arus balik).

Adapun jadwal mudik kereta Jakarta Semarang Surabaya dengan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada pukul 22.00 WIB.

Sedangkan jadwal Bali kereta Surabaya Semarang Jakarta dengan KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 akan berangkat pukul 17.00 WIB dan KM Dobonsolo akan berangkat tanggal 11 Mei 2022 jam 17.00 WIB.