Kadensus 88 Apresiasi Sumbar yang Buat Ratusan Anggota NII Cabut Bai’at Kembali ke NKRI
Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri Irjen Marthinus Hukom memberikan arahan kepada ratusan orang mantan NII di Kabupaten Dharmasraya (ANTARA/ HO Polda Sumbar)

Bagikan:

PADANG - Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri Irjen Marthinus Hukom mengapresiasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Barat yang membuat ratusan mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) mencabut bai’at dan kembali ke pangkuan NKRI.

“Saya mengapresiasi kepada Gubernur (Sumbar) yang mengeluarkan kebijakan dalam menyikapi terorisme, radikalisme dan intoleransi beberapa waktu terakhir, termasuk dukungan dari Polda Sumbar dan jajarannya serta Bupati Dharmasraya," katanya melalui keterangan tertulis dilansir Antara, Rabu, 27 April.

Pihaknya hadir dalam kegiatan ini tidak saja sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai bagian dari anak bangsa untuk merangkul saudara-saudara yang mungkin diantaranya menjadi korban karena ketidaktahuan mereka.

“Hari ini saya melihat kesadaran untuk bangkit bersama-sama menjaga NKRI ada disini. Ini untuk pertama kali kami bersama saudara-saudara dalam jumlah yang besar. Jumlah paling besar hari ini yang dilakukan," katanya

Pemerintah melakukan pendekatan kepada saudara kita yang melakukan penyimpangan, memahami suatu yang salah. Kami ingin duduk bersama merangkul dengan penuh kasih sayang," kata dia

Dengan duduk bersama tersebut katanya, maka hal itu tentu menjadi lebih penting dari pada penangkapan, serta lebih penting dari pada penegakan hukum.

Sebelumnya 391 warga yang sebelumnya tergabung dalam NII (Negara Islam Indonesia), melakukan cabut bai'at untuk kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum sore ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, mengucapkan syukur karena momentum ini juga sebagai forum silaturahmi, terutama eks NII yang hadir sore ini,” katanya.

Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah mengatakan usai dilakukannya penangkapan oleh Densus terhadap beberapa warga yang masuk kelompok NII pada tanggal 26 Maret 2022 di Dharmasraya, masyarakat lainnya yang tergabung dalam pengajian tersebut merasa kebingungan.

Pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan seluruh komponen diantaranya Forkopimda, serta dari tim Densus 88 Polri untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang tergabung NII tersebut.

"Jumlah warga yang mengikuti bai'at hari ini merupakan hasil penyelidikan Densus 88 Mabes Polri. Alhamdulillah hari ini mereka sepakat dari hati yang paling dalam untuk mencabut bai'at," ujarnya.

Polres bersama pemerintah Kabupaten Dharmasraya melakukan langkah-langkah mengajak masyarakat yang belum hadir hari ini untuk segera melakukan cabut bai'at.

"Mengajak saudara kita yang lain untuk segera cabut ba'iat," kata dia.