Sebelum Lebaran, Pemkot Pontianak Targetkan Penyaluran BLT di 6 Kecamatan Rampung
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kanan) dsn Gubernur Kalbar, Sutarmidji (kiri) (Via ANTARA)

Bagikan:

PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menargetkan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat yang berhak menerimanya rampung sebelum Lebaran tahun ini.
 
"Hingga saat ini sudah sekitar 96 persen bantuan sosial, seperti BLT, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Pontianak sudah tersalurkan," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Antara, Rabu, 27 April.
 
Penyaluran bantuan ini menyasar enam kecamatan di Kota Pontianak. Edi berharap melalui bantuan tersebut, masyarakat yang tergolong kurang mampu juga bisa menikmati suasana Lebaran sekaligus dapat menggerakkan perekonomian warga Kota Pontianak.
 
“Mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat dan ikut membantu menumbuhkan UMKM, karena uang yang beredar sekarang ini besar,” katanya.
 
Sementara itu, Eksekutif General Manager PT Pos Indonesia Wilayah Kalimantan Barat Nonok Triyono menjelaskan terdapat empat daerah yang termasuk dalam wilayah Pontianak, yakni Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Landak, dan Kota Pontianak. Dalam upaya mendistribusikan bantuan tersebut, pihaknya menggandeng komunitas terkecil di tiap desa.
 

 
Nonok mengemukakan penyaluran bantuan ini sudah dilaksanakan selama sepuluh hari dan ditargetkan rampung tanggal 28 April 2022. Meskipun di bulan puasa, tidak ada halangan selama proses penyaluran. Khusus di Kota Pontianak, pusat penyaluran bantuan terlaksana di tiap-tiap kantor camat dan bisa lewat Kantor Pos terdekat.
 
“Tim yang turun di lapangan juga dibantu aparat desa, pemerintah kota sampai pemerintah provinsi, juga ada TNI dan kepolisian setempat,” katanya.