Kabar Baik, Harimau Sumatera Tertangkap Kamera di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Tangkap layar harimau sumatera yang terakam di kamera trap Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Bagikan:

JAKARTA - Ada kabar baik dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), Sumatera. Dari hasil pencermatan kamera trap, terekam harimau sumatera beserta 3 ekor anaknya. 

Sementara, petugas juga menemukan mangsa harimau sumatera yang masih berdarah segar atau baru saja mati diburu pada saat pengambilan data kamera trap.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, hasil kamera trap mengindikasikan bahwa daya dukung kawasan TNBT sebagai habitat harimau sumatera masih cukup baik sehingga mampu mendukung proses reproduksi dan pertumbuhan populasi ke depan. 

"Alhamdulillah," kata Siti dalam pernyataannya, Jumat, 9 Oktober. 

 

TNBT secara intensif telah melakukan pemantauan Harimau Sumatera di Site Monitoring Harimau Sumatera sejak tahun 2015. Tahun 2020 area pemantauan diperluas sehingga pemasangan kamera trap dilaksanakan di setiap resort dengan mengambil lokasi yang diidentifikasi merupakan areal jelajah Harimau Sumatera. 

"Sehat selalu untuk anak-anak harimau sumatera. Mari kita sayangi habitat mereka. Jaga Harimau Sumatera, menjaga Indonesia," kata Siti.