Arus Mudik 2022: Hampir 600 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta dalam 4 Hari
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 600 ribu kendaraan terpantau meninggalkan Jakarta selama empat hari terakhir. Perkiraan itu berdasarkan jumlah kendaraan yang melintas di empat gerbang tol (GT).

"Selama hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin, selama 4 hari itu hampir 600 ribu (kendaraan, red) meninggalkan Jakarta," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di KM 57 ruas tol Jakarta-Cikampek, Selasa, 26 April.

Keempat GT yang menjadi dasar perhitungan jumlah kendaraan yakni GT Cikampek Utama arah Jawa Tengah, GT Kalihurip Utama arah Bandung, GT Ciawi, dan GT Cikupa arah Merak.

Meski ratusan ribu kendaraan sudah keluar dari Jakarta, Sambodo menyebut jumlah itu akan terus bertambah. Sebab, diprediksi 2,8 kendaraan akan meninggalkan Jakarta saat Lebaran 2022.

"Tapi itu masih jauh karena diperkirakan masih ada 2,8 juta yang meninggalkan Jakarta," kata Sambodo.

Sebagai informasi, puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 28 dan 29 April. Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk menerapkan beberapa skema arus lalu lintas.

Skema pertama yakni dengan menerapkan ganjil genap di ruas tol. Kemudian, contraflow dan yang terakhir one way untuk mengurai kemacetan.