Polda DIY Kerahkan 3.775 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2022
Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin (25/4/2022). ANTARA/Luqman Hakim

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengerahkan 3.775 personel gabungan untuk mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

"Terdiri dari 1.932 personel Polri dan 1.843 dari instansi terkait," kata Kapolda DIY Irjen Asep Suhendar di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, dikutip Antara, Senin, 25 April

Menurut Asep, Korem 072 Pamungkas Yogyakarta juga telah menyiapkan 3.000 personel "on call" yang ada di koramil termasuk di kodim dan di batalyon.

Ribuan petugas gabungan ini, kata dia, bakal ikut serta mengamankan jalur-jalur menuju berbagai lokasi wisata yang kemungkinan besar akan dipadati wisatawan berkendaraan bermotor.

“Untuk kelancaran lalu lintas kita sudah menyiapkan pos-pos pantau maupun pos pengamanan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban," kata dia.

Menurut Asep, jalur alternatif telah disiapkan untuk mengurangi kepadatan dari jalur-jalur yang memang sudah ada.

"Segala alternatif akan kita lakukan, konsepnya mungkin ada juga one way, mungkin juga ada penutupan dan pembukaan sementara dan sebagainya. Sudah kita konsep nanti kita lihat di lapangan, mudah-mudahan tidak ada masalah apa-apa," ujar dia.

Ada enam jalur alternatif masuk-keluar DIY yang siapkan disamping mengamankan empat pintu perbatasan yang ada untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengurangi tingkat pelanggaran maupun kecelakaan di jalan raya.

"Kita harapkan ini bisa sedikit mengurai kepadatan yang katanya menurut survei kita akan kedatangan sekitar 3,9 juta orang yang akan datang ke Yogya," tutur Asep.