Pecah Kepadatan Arus Mudik di Pasar Kliwon Temanggung, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalin
Polisi memecah arus lalu lintas mengurai kepadatan lalin di depan Pasar Kliwon Temanggung. (ANTARA/Heru Suyitno)

Bagikan:

TEMANGGUNG - Kepolisian Resor Temanggung melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2022. Rekayasa khusus diberlakukan di depan Pasar Kliwon Temanggung.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Komang Karisma mengatakan, rekayasa lalu lintas di depan Pasar Kliwon Temanggung dilakukan seiring peningkatan kepadatan kendaraan pada H-7 Lebaran 2022 pada Senin 25 April.

"Rekayasa lalu lintas ini tentu melihat situasi, jadi fleksibel. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di depan Pasar Kliwon pada jam-jam ramai seperti sore ini maka arus dipecah di kawasan Taman Pancasila," katanya, melansir Antara. 

Ia menjelaskan jika terjadi kepadatan di depan Pasar Kliwon maka lalu lintas dari arah timur tujuan Parakan, Wonosobo, dan Kendal dialihkan ke arah utara di Taman Pancasila masuk Setda kemudian tembus Perempatan OBL.

"Dengan pengalihan arus ini maka Jalan A. Yani yang biasanya satu arah dijadikan dua arah," katanya.

Komang menyampaikan rekayasa kedua dilakukan jika arus lalu lintas lebih padat dan terjadi kemacetan ke arah Pasar Kliwon, maka di Perempatan Terminal Madureso dialihkan ke jalur lingkar terminal Maron.

"Sementara itu saja rekayasa lalu lintas yang kami lakukan, bila mana terjadi lakalantas maupun bencana alam lainnya kami akan melihat situasi di lapangan," imbuhnya.

Menurut dia, pada H-7 Lebaran ini sudah terjadi peningkatan arus lalu lintas, terutama arus lalu lintas lokal dan kendaraan dari luar kota sudah ada tetapi belum begitu banyak.