Perkuat Sektor Pangan, Kalimantan Barat Antisipasi Dampak Invasi Rusia ke Ukraina
Ilustrasi pasar tradisional. (Antaranews)

Bagikan:

KALBAR - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) mengungkapkan telah mengantisipasi dampak invasi Rusia ke Ukraina.

Menurutnya, Kalbar bakal memperkuat sektor pangan lantaran area itu sudah dirasakan sejumlah negara yang terdampak perang Rusia dengan Ukrania.

"Memang saat ini beberapa negara sudah terkena dampak dari agresi militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina. Walau inflasi masih terkendali dan kita masih mampu menghadapi beberapa dampak yang terjadi," kata Sutarmidji di Pontianak, dikutip dari Antara, Senin 25 April.

Namun, katanya, sesuai arahan dari Mendagri dan Presiden RI, di mana semua daerah di minta untuk bersiap mengantisipasi dampak lebih luas dari agresi itu. Untuk mencegah dampak besar dari agresi militer tersebut, Kalbar, katanya akan memperkuat sektor pangan dan memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

"Karena kalau pangan dan kebutuhan pokok kita sudah terjaga, kita bisa lebih tangguh dalam menanggapi berbagai tantangan yang ada ke depan," tuturnya.

Sutarmijdi menjelaskan, pangan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peran yang vital bagi kehidupan suatu bangsa.

Untuk itu, pemerintah telah menjadikan ketahanan pangan masuk dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024 dengan memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses, serta kualitas konsumsi pangan.

Kebijakan fiskal yang diambil Pemerintah melalui APBN 2022 dengan tema Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural juga memasukkan ketahanan pangan sebagai agenda prioritas pembangunan serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang tetap ulet (resilient) di tengah pandemi. Sebagai penopang sektor pangan, pertanian menjadi sektor yang tetap tumbuh positif ketika sektor lain mengalami kontraksi. Bahkan sektor ini juga berkontribusi terhadap ekspor," ujar Sutarmidji.