Jelang Lebaran 2022, Polres Bantul Terjunkan 500 Personel Pengamanan
Objek wisata di Bantul yang diprediksi mengalami lonjakan pengunjung saat momen libur Lebaran 2022. (Antara)

Bagikan:

BANTUL - Pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022 di Kabupaten Bantul DI Yogyakarta (DIY) akan melibatkan sekitar 500 personel Kepolisian Resor Bantul.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan kepolisian juga akan dibantu oleh unsur TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Pemerinta Kabupaten Bantul.

"Personel yang dilibatkan kurang lebih 500 personel dari Polres Bantul, kemudian di-back up dari unsur TNI dan pemda dalam hal ini Dishub dan Satpol PP," kata Ihsan usai Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Progo 2022 di Lapangan Paseban Bantul, Jumat sore, 22 April.

Selain personel dan aparat pemerintah tersebut, kata Kapolres, juga dibantu dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta komunitas sukarelawan, seperti Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Senkom, dan Rapi.

"Sukarelawan yang tadi disaksikan dalam Apel Gelar Pasukan cukup banyak, mereka sukarelawan di Bantul yang kami berdayakan dalam rangka mendukung pelaksanaan operasi Ketupat Progo," ujar Ihsan, disitat dari Antara.

Seperti yang disampaikan dalam amanat Kapolri pada Apel Gelar Pasukan, kata dia, bahwa terkait dengan Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik sehingga lalu lintas di jalur utama akan padat kendaraan.

"Bahwa prediksi akan sangat padat termasuk ke Jakarta akan padat dan itulah Lebaran, kalau Lebaran lancar itu saya kira sesuatu yang tidak mungkin, pasti akan padat," katanya.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan yang rawan terjadi kepadatan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Di sekitar jalur rawan juga didirikan posko pengamanan (pospam) dan pos pemantauan.

"Tentunya perlu rekayasa. Oleh karena itu, kami akan membuat empat pospam dan pos pelayanan, kemudian ada pos pantau yang kami sebar di daerah-daerah yang rawan, khususnya kecelakaan," tandasnya.