Spanduk Erick Thohir Capres 2024 Sengaja Dibuat Relawan Ciptaan, Agar Terkesan Sosok Dibutuhkan Rakyat
Spanduk Erick Thohir/IST

Bagikan:

JAKARTA - Spanduk Menteri BUMN Erick Thohir tiba-tiba muncul di tengah-tengah masyarakat. Spanduk bertuliskan Erick Thohir Capres 2024 terpasang di pinggir jalanan.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menduga, spanduk itu sengaja dibuat relawan ciptaan. Mereka ingin menteri Joko Widodo itu maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Para relawan ciptaan itu juga yang melakukan deklarasi dukungan kepada Erick untuk nyapres. Mereka akan terus menyuarakan Erick sebagai sosok yang layak menjadi presiden," ujar Jamiluddin kepada VOI, Jumat, 22 April.

Menurut dia, spanduk ini sengaja dipasang relawan ciptaan sengaja untuk mengesankan atau seolah-olah dari masyarakat. Padahal, Jamiluddin menduga itu sengaja dibuat.

"Ini sengaja diciptakan agar Erick dikesankan sosok yang dibutuhkan rakyat untuk menjadi capres," katanya.

Jamiluddin mengatakan, pendekatan tersebut memang umum dilakukan di Indonesia. Meskipun berkeinginan menjadi capres, namun yang bersangkutan tidak akan terbuka menyatakan keinginannya.

Hal itu, kata dia, terpaksa dilakukan lantaran bagi yang menyatakan ingin menjadi capres (pemimpin) akan dinilai sebagai sosok ambisius. Sementara masyarakat, umumnya tidak menginginkan sosok ambisius menjadi pemimpin.

"Karena itu, untuk mewujudkan keinginannya, ia akan menggunakan orang lain menyuarakannya," kata Jamiluddin.

"Relawan salah satu yang digunakan untuk menyuarakan keinginan menjadi pemimpin. Tampaknya itulah yang dilakukan Erick melalui poster, spanduk, dan deklarasi para relawan agar menjadi capres," imbuhnya.