8 Kapal Cepat Rute Tanjungpinang-Batam Layani Mudik Lebaran
Kapal cepat rute Tanjungpinang-Batam sandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura (Nikolas Panama)

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Sebanyak delapan unit kapal cepat melayani penumpang yang mudik Lebaran dari Kota Tanjungpinang menuju Batam.

"Kapal berlayar dari Tanjungpinang menuju Batam maupun sebaliknya mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB, sama seperti biasanya," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi dikutip Antara, Jumat, 22 April.

Menurutnya, jadwal pelayaran kapal selama mudik Idulfitri 1443 Hijriah tidak setiap jam, melainkan setiap kapal sudah penuh penumpang. Karena itu, kapal dapat berlayar lebih satu kali dalam setiap jam jika jumlah penumpang membludak di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

"Ada dua perusahaan pelayaran yang melayani penumpang dari Tanjungpinang ke Batam maupun sebaliknya yakni Baruna dan Marina," kata dia.

Junaidi mengatakan, kapal-kapal lainnya di Pelabuhan Sri Bintan Pura juga sudah siap melayani penumpang ke berbagai daerah seperti Kabupaten Lingga, Natuna, Kepulauan Anambas, Karimun dan sejumlah pusat masuk wilayah Provinsi Riau seperti Selat Panjang.

Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan mulai 28 April 2022. KSOP Tanjungpinang akan membangun posko bersama untuk pengamanan mudik Lebaran, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Posko bersama dibangun di pelataran parkir kendaraan di dalam kawasan pelabuhan sehingga mudah diakses pemudik.

"Kami juga menyediakan petugas untuk melayani penumpang yang membutuhkan informasi," ucapnya.

Sementara itu, Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura tetap melayani penumpang ke Singapura dan Malaysia. Khusus untuk ke Singapura, jadwal pelayarannya ditetapkan setiap tanggal genap dimulai 10 April 2022.

"Jumlah penumpang masih relatif sepi sehingga dilakukan penjadwalan berdasarkan tanggal genap," katanya.