Bagikan:

BANDARLAMPUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung menyiapkan posko mudik menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah (Lebaran 2022) di sejumlah titik di kota ini.

"Hingga kini titik posko mudik masih kami koordinasikan dengan Satlantas Polresta Bandarlampung," kata Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Bandarlampung, Socrat Pringgodanu dikutip Antara, Senin, 18 April.

Namun, ia menegaskan satu titik yang sudah pasti akan dibuat posko mudik yakni di Terminal Induk Rajabasa Provinsi Lampung.

"Nanti juga akan ada sejumlah personel yang piket 24 jam di posko-posko yang didirikan," kata Socrat.

Kemudian terkait antisipasi kemacetan di jalan-jalan protokol Kota Bandarlampung saat mudik lebaran, ia mengatakan bahwa akan berupaya mengurainya bersama pihak kepolisian.

"Namanya arus mudik pasti ada peningkatan jumlah kendaraan, kami sudah memantaunya bersama Satlantas Polresta, namun karena keramaian dan kemacetan tidak bisa dihindari. Paling tidak bersama Satlantas Polresta dapat mengurangi yang namanya kemacetan terutama menghadapi Idul Fitri," ujarnya.

Socrat mengatakan untuk rekayasa lalu lintas menjelang musim mudik belum direncanakan.

"Kalau rekayasa lalulintas itu situasional nasional. Tidak ada rekayasa yang direncanakan dari sekarang, tetapi bila nanti perlu dilakukan kita lakukan," ujarnya

Akan dikerahkan armada keliling yang saat ini sudah berjalan di daerah panjang guna menyisir truk-truk yang terparkir liar di bahu jalan.

"Armada keliling sekarang sudah berjalan, sekarang sudah sekarang sedang merapikan truk-truk yang terparkir liar di bahu jalan Yos Sudarso. Kami lakukan penyisiran bersama Satpol PP dan ini akan patroli terus," kata dia.