Ditemani Gus Muwafiq, Ganjar Ziarah ke Makam Bung Karno: Orang Baik Bermanfaat Meski Sudah Wafat
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ziarah ke Makam Bung Karno ditemani Gus Muwafiq. (Twitter @ganjarpranowo)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengisi bulan suci Ramadan dengan berziarah. Kali ini berkunjung ke makam Presiden ke-1 Indonesia Soekarno.

Hal ini terlihat dari unggahan akun media sosialnya. Ganjar bersyukur bisa menyempatkan diri kembali mengunjungi tempat peristirahatan terakhir Bung Karno yang awalnya bernama Taman Bahagia itu.

"Alhamdulillah bisa kembali ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar," kata Ganjar leat Twitternya @ganjarpranowo, Minggu 17 April. 

Tak sendiri, Ganjar ditemani KH Ahmad Muwafiq atau Gud Muwafiq datang ke makam. Ganjar dan Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu berkunjung pada saat malam hari.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) tersebut bilang jasa Bung Karno tak akan lekang dimakan zaman. Meski sosoknya telah tiada, pemikirannya akan terus dikenang generasi penerus. 

"Gus Muwafiq ngendika, orang baik akan selalu menghadirkan manfaat meskipun telah wafat," imbuhnya.

Dalam akun Twitternya, Ganjar juga mengunggah foto saat ziarah ke makam Bung Karno. Keduanya terlihat memberikan bunga di atas pekuburan.

Mengunjungi makam Ganjar tampak mengenakan peci hitam dibalut baju kokoh putih lengkap dengan sarung. Sedangkan Gus Muwafiq lebih santai dengan tshirt putih polos juga memakai bawahan sarung. 

Sebelumnya, Ganjar mengunjungi Pondok Pesantren Al Ilyans di Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam momen bulan suci Ramadan ini Ganjar mengaku ingin mengamalkan keIslamannya dengan bersilaturahmi.

"Alhamdulillah bisa silaturahmi dengan para kiai dan santri di Ponpes Al Ilyas Karanganyar. Banyak inspirasi saat ngobrol dengan para santri. Semoga kita terus diberi kekuatan untuk berbuat baik," ujar Ganjar.