Ke Cirebon, Jokowi Pantau Pembersihan Saluran dan Jalan
Presiden Jokowi meninjau kegiatan padat karya tunai jalan dan jembatan, di Cirebon, Jabar, Rabu (13/04/2022). (Foto: Humas Setkab/TGH)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meninjau kegiatan padat karya tunai jalan dan jembatan yang dilakukan di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Saat peninjauan kegiatan padat karya, Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Lewat keterangannya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat, Wilan Oktavian, mengungkapkan kegiatan padat karga ini mencakup pembersihan saluran hingga median jalan.

“Hari ini kita kerjakan di ruas Cirebon sampai ke Losari, Jawa Tengah. Ada sekitar tujuh titik. Ada yang pembersihan saluran di sebelah sana, ada juga pembersihan median, bukan ngecat, hanya pembersihannya saja,” kata Wilan dikutip dalam laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu, 13 April.

Wilan menuturkan, padat karya seperti ini biasanya dilakukan setahun dua kali, menjelang Lebaran serta Natal dan Tahun Baru.

Ia pun berharap kegiatan padat karya di Provinsi Jawa Barat dapat terselesaikan maksimal 14 hari sebelum Lebaran. "Ini bisa selesai H-14 Lebaran, semuanya di seluruh Jawa Barat,” ucap dia.

Diketahui, data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menguraikan bahwa kegiatan padat karya di Jawa Barat untuk pemeliharaan rutin jalan, rutin jembatan, dan revitalisasi drainase menggunakan total anggaran Rp133 miliar.

Ketiga kegiatan tersebut dikerjakan secara swakelola dengan pembayaran diberikan langsung kepada para pekerja di wilayah kerja masing-masing.

Selain itu, program padat karya lain sifatnya kontraktual dengan pengelolaan dilaksanakan oleh penyedia jasa, dengan total anggaran Rp183 miliar. Adapun total keseluruhan hari orang kerja (HOK) untuk program padat karya di Provinsi Jawa Barat sebanyak 377.486 orang.