Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat atas peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-75 pada hari ini. Anies berharap TNI terus berkembang.

"Selamat keluarga besar TNI, dirgahayu Tentara Nasional Indonesia. Teruslah maju Berkembang dan tetap menjadi teladan bagi semua," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI, Senin, 5 Oktober.

Anies menyebut, tema peringatan HUT TNI tahun ini “Sinergi untuk Negeri" sangat relevan dengan kondisi saat ini. Di mana, Indonesia sedang menghadapi pandemi COVID-19.

"Bagaimana TNI terus menjadi garda terdepan menjaga Indonesia, memastikan menjadi negara yang utuh, solid, kuat, apalagi saat ini kita sedang dihadapkan dengan tantangan lintas zaman yaitu pandemi COVID-19," ungkap dia.

Menurutnya, TNI berperan untuk memastikan bahwa keselamatan dan perlindungan rakyat menjadi nomor satu. "TNI tetap menjadi yang terdepan," tutur Anies.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta agar kebijakan belanja pertahanan harus diubah menjadi kebijakan investasi pertahanan yang dipikirkan secara matang dan sistematis. 

Indonesia sambung Jokowi, harus mulai mengantisipasi pertempuran dengan gaya baru, yaitu pertempuran yang memiliki daya hancur lebih besar, lebih singkat, dan yang menggabungkan berbagai taktik sekaligus.

"Untuk menguasai lompatan teknologi terkini kita harus bersungguh-sunguh untuk mengubah kebijakan kita dari kebijakan belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan," kata Jokowi dalam acara yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Menurutnya, transformasi teknologi di dalam TNI sangat diperlukan. Apalagi di era revolusi industri jilid empat seperti sekarang, kata Jokowi telah banyak menciptakan teknologi militer terbarukan yang berbasis teknologi nano dan kecerdasan buatan yang mempengaruhi taktik strategi perang ke depan.