Anggota KPU-Bawaslu Resmi Dilantik, DPR Tancap Gas Bahas Kelanjutan Pemilu 2024 Besok
Gedung DPR/Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada hari ini, Selasa, 12 April.

Komisi II DPR pun langsung mengagendakan rapat membahas persiapan Pemilu 2024 dengan KPU-Bawaslu besok, Rabu, 13 April.

Sebelumnya, rapat tersebut memang direncanakan digelar pada hari ini. Namun, karena pelantikan komisioner KPU dan Bawaslu dilaksanakan hari ini, maka rapat tersebut diundur.

"Kami sudah punya rencana besok siang, tinggal tergantung dari keputusan pimpinan DPR. Kalau pimpinan DPR memberikan approval, suratnya kan melalui pimpinan DPR mungkin Insyaallah kita laksanakan besok," ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 12 April.


Politikus Golkar itu mengungkapkan, ada beberapa isu yang akan dibahas secara intensif dalam rapat DPR dengan penyelenggara pemilu besok.

Diantaranya, soal pendanaan pemilu, durasi masa kampanye, pengadaan logistik pemilu. Kemudian, penggunaan sistem digitalisasi atau elektronik di beberapa tahapan pemilu.

"Sebenarnya kan kita di rapat kemarin waktu kita menetapkan hari pemungutan suara, itu sudah mulai kita bicarakan tentang seluruh persiapan Pemilu 2024 dan sudah ada beberapa isu yang waktu itu kita inventarisir. Nah, kita akan mulai lagi membahas itu, semua aspek," pungkas Doli.