Tiba di Cirebon, Petugas Puskesmas Bakal Cek Pemudik Apakah Sudah Disuntik <i>Booster</i>
Ilustrasi vaksinasi booster COVID-19. (Antara)

Bagikan:

CIREBON - Bupati Cirebon, Imron meminta agar pagawai puskesmas dan kepala desa mendata pemudik yang datang saat momen Lebaran 2022. Upaya itu untuk memastikan pemudik telah divaksinasi vaksin booster COVID-19

"Saya meminta kepada seluruh petugas puskesmas agar bisa berkoordinasi dengan kepala desa untuk memantau kedatangan warga dari luar Cirebon, apakah sudah divaksinasi atau belum," kata Imron di Cirebon, Selasa 12 April, dikutip dari Antara.

Imron mengatakan dengan koordinasi yang matang, nantinya petugas puskesmas bisa mendata, apakah warga dari luar daerah telah divaksinasi COVID-19 atau belum.

Dan jika ditemukan warga yang belum divaksin, nantinya petugas bisa melakukan vaksinasi bila memang diperlukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Menurutnya, setelah masa mudik Lebaran 2022, pihaknya juga meminta agar petugas mengantisipasi adanya peningkatan kasus COVID-19.

"Kami juga minta puskesmas mengantisipasi penyebaran COVID-19, setelah mudik lebaran nanti," tuturnya.

Imron mengaku pemerintah daerah tidak menyiapkan ruang isolasi khusus menjelang mudik Lebaran tahun ini, karena ruangan di rumah sakit juga masih kosong.

Walaupun begitu, jika memang diperlukan, Pemkab Cirebon akan menyiapkan ruang isolasi khusus bagi para pemudik yang dinyatakan positif COVID-19.

"Kami tidak menyiapkan ruang isolasi khusus mudik nanti, karena rumah sakit juga masih kosong, namun jika diperlukan, kami akan siapkan," tandasnya.