Melihat Masjid Berusia 100 Tahun Lebih di Pandeglang yang Dibangun Syekh Asnawi
Bagian dalam Masjid Agung As Salafie di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. (ANTARA/Mansur)

Bagikan:

BANTEN - Masjid berusia 100 tahun lebih yang dibangun oleh ulama kharismatik Syekh Asnawi bin Syekh Abdurrahman di Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, masih terawat dengan baik sampai sekarang.

Masjid Agung As Salafie masih menjadi tempat berbagai kegiatan keagamaan bagi warga setempat, termasuk shalat berjamaah dan pengajian Al-Quran.

"Setiap Ramadan penuh jemaah yang melaksanakan shalat tarawih dan pengajian Al-Quran," kata H Mumu Asnawi, cucu Syekh Asnawi yang menjadi Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Agung As Salafie, di Pandeglang, dilansir Antara, Kamis, 7 April.

"Kami dan warga di sini merawat dan melestarikan masjid ini," ia menambahkan.

Masjid Agung As Salafie didirikan tahun 1884, setelah masjid di Caringin tersapu tsunami besar yang terjadi setelah letusan Gunung Krakatau pada 23 Agustus tahun 1883 menurut tesis Febri Jiwandana dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2021.

Mumu mengatakan bahwa pemugaran empat kali dilakukan pada Masjid Agung As Salafie, yang sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Pemugaran pertama yang dilakukan tahun 1980 sampai 1986, menurut dia, mencakup renovasi atap dan lantai masjid serta penambahan generator air, kamar mandi, tempat wudhu, dan toren air.

Tahun 2000, ia melanjutkan, pemugaran kedua dilakukan untuk mengganti tiang soko guru serta kusen jendela dan pintu, pengecatan dinding, perbaikan mimbar dan tangga, serta penambahan ruang rapat.

Pemugaran ketiga yang dilakukan tahun 2005 mencakup pemasangan blong paving dan perbaikan halaman masjid.

Pada tahun 2021 pemugaran dilakukan untuk memperbaiki dinding ruangan utama masjid serta pengecatan ulang masjid.

Saat ini bangunan dan sarana pendukung Masjid Agung As Salafie masih dalam kondisi baik, termasuk mimbar dengan ukiran kaligrafi yang diperkirakan dibuat pada abad ke-18.