Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada 14 juta orang yang diprediksi akan mudik dari Jabodetabek pada momen Lebaran tahun ini.

"Perlu juga saya sampaikan bahwa jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sebanyak 85 juta orang. Pemudik dari Jabodetabek diperkirakan sebesar 14 juta orang," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 6 April.

Dari jumlah tersebut, Jokowi memperkirakan 47 persen masyarakat akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga, pemerintah akan mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada pemudik.

"Tentunya pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan maksimal agar pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah mengumumkan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah pada 29 April hingga 4-6 Mei 2022. Sementara untuk libur nasional jatuh pada 2-3 Mei.

Belum ada rincian lebih lanjut perihal cuti bersama ini. Seluruh aturan nantinya akan dibuat oleh para menteri melalui Surat Keputusan Bersama (SKB).

Jokowi berharap cuti bersama tersebut bisa digunakan masyarakat untuk bersilaturahmi dengan orang tua, sanak saudara, dan handai taulan.

Namun, Jokowi meminta masyarakat tetap menaati protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih belum berakhir.