Bagikan:

JAKARTA - Menara Kapsul Nakagin di Tokyo akan dihancurkan bulan depan, kata pemiliknya, setelah perjuangan panjang untuk menyelamatkan gedung tersebut.

Selesai pada tahun 1972 dan dirancang oleh arsitek terkenal Kisho Kurokawa, menara ini merupakan penjuru dari gerakan Metabolisme, yang bertujuan untuk menciptakan ruang hidup berkelanjutan yang dapat dibawa oleh orang-orang jika mereka pindah.

Puluhan kapsulnya dengan jendela bundar besar dirancang untuk dilepas dan diganti satu per satu, tetapi tetap berada di sana dalam kondisi rusak yang semakin parah.

Pemilik berencana untuk mengekstrak beberapa kapsul berbentuk kubus putih sebelum pembongkaran dimulai pada 12 April, kata Tatsuyuki Maeda, yang membeli kapsul pertamanya di menara pada tahun 2010.

"Kami belum tahu berapa banyak kapsul yang dapat kami selamatkan, tetapi kami berencana untuk memperbaiki beberapa bagian yang rusak dan memperbaruinya untuk dikirim ke museum, misalnya," kata Maeda, yang memasang sendiri beberapa di antaranya, melansir The National News 30 Maret.

"Ini bukan akhir yang lengkap untuk bangunan itu, dan saya menantikan untuk melihat kehidupan baru kapsul," sambungnya.

nakagin capsule tower
Nakagin Capsule Tower. (Wikimedia Commons/Jordy Meow)

Perusahaan yang dimulai oleh Kurokawa, yang meninggal pada 2007, membantu proyek kebangkitan, katanya.

Maeda dan pemilik kapsul lainnya berkampanye menentang pembongkaran gedung di Distrik Shimbashi Tokyo pusat, yang selama bertahun-tahun menghadapi ancaman pembangunan kembali.

Setiap kapsul, dibangun sebagai rumah mikro dan kantor, memiliki luas lantai hanya 10 meter persegi dan fitur tahun 1970-an seperti meja lipat dan jam retro.

Tetapi, sebagian besar unit dibiarkan membusuk, dan dalam beberapa tahun terakhir bangunan tersebut telah mengalami korosi pipa dan kerusakan air.

Beberapa, pemilik kapsul mengatakan mereka lebih suka melihat menara dihancurkan daripada membayar perawatannya.

Tetapi, para penggemar gedung bereaksi terhadap berita di media sosial dengan campuran kesedihan dan kepasrahan.

"Capsule Tower akan segera dihancurkan ... Akan sangat menyedihkan melihat bangunan yang kami kagumi pergi," tulis salah satu pengguna Twitter.

"Akhirnya akan dibongkar. Itu berharga, tapi itu adalah keputusan yang tepat untuk membongkarnya, karena sudah cukup lusuh," tulis yang lain.