Minyak Goreng Mahal, Pemerintah Berikan BLT Rp300 Ribu untuk 20,5 Juta Rakyat
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar Youtube @Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng senilai Rp100 ribu tiap bulannya. Pemberian dilakukan karena harga minyak goreng tinggi karena lonjakan harga minyak sawit.

"Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 1 April.

Jokowi mengatakan BLT minyak goreng ini diberikan kepada 20,5 juta warga yang masuk ke dalam daftar penerima bantuan pangan nontunai dan program keluarga harapan. Selain itu, bantuan ini juga diberikan kepada 2,4 juta pedagang kaki lima yang berjualan gorengan.

"Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp100 ribu tiap bulannya," ungkap eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hanya saja, bantuan itu akan diberikan tiga bulan sekaligus sehingga masyarakat akan menerima Rp300 ribu. Uang tersebut, sambung Jokowi, akan diberikan mulai bulan ini, April hingga Juni mendatang.

"Pemerintah akan memberikan bantuan itu untuk tiga bulan sekaligus yaitu April, Mei, dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan april 2022 sebesar Rp300 ribu," ungkapnya.

Selanjutnya, Jokowi meminta kementerian terkait untuk bergerak cepat. Koordinasi perlu dilakukan agar bantuan tunai ini bisa berjalan dengan maksimal.

"Terakhir, saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI Polri berkoordinasi agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan maksimal," pungkasnya.