Ketua DPR Minta Umat Muslim Tetap Disiplin Prokes Saat Ibadah Ramadan 2022
Ketua DPR Puan Maharani. (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta kepada umat Muslim yang menjalankan ibadah Ramadan 2022 tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah terpapar COVID-19.

"Selamat datang bulan Ramadan 1443 H, selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim. Kelonggaran-kelonggaran jangan membuat masyarakat lengah, tetap disiplin dan patuhi prokes karena tidak ingin angka penularan COVID-19 kembali naik," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 1 Maret, melansir Antara.

Dia bersyukur karena di bulan Ramadan tahun ini, umat Muslim bisa menjalankan salat tarawih berjamaah di masjid namun harus tetap mengikuti anjuran pemerintah.

Puan mengimbau umat Muslim untuk mengikuti petunjuk pengelola tempat ibadah yang sudah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 dalam pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadhan.

"Saya senang, ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah sudah membuat aturan secara rinci tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan di masjid. Langkah itu untuk melindungi jamaahnya, agar tetap aman menjalankan ibadah di bulan suci tanpa mengurangi kekhusukan,” ujarnya.

Dia juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dilakukan selama menjalani ibadah di bulan Ramadhan karena diharapkan angka penularan COVID-19 akan terus menurun.

Selain itu Puan mengimbau kepada masyarakat yang belum menerima vaksin COVID-19 agar segera mendatangi sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin.

Dia menilai, vaksinasi dapat membantu memberikan perlindungan dari bahaya virus COVID-19.

"Bagi warga yang belum vaksin, segera vaksin, termasuk yang belum booster. Karena selain melindungi diri, vaksin juga dapat melindungi orang lain, termasuk keluarga dan orang-orang yang kita sayang," katanya.

Menurut dia, vaksin tersebut juga penting apalagi bagi masyarakat yang akan mudik karena jutaan orang akan bergerak serempak ke berbagai daerah.