6 Merek Minyak Goreng Kemasan Ini Melimpah di Ritel Kota Bogor, Tapi di Pasar Tradisional Cenderung Kosong
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengungkapkan sebanyak enam merek minyak goreng kemasan yang tersedia di daerahnya melimpah di toko ritel modern dengan harga yang masih tinggi jelang ramadan.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor Mohamad Soleh mengatakan ketersediaan minyak goreng kemasan kini cenderung hanya tersedia melimpah di toko ritel, sementara di pasar tradisional sangat terbatas.

"Cenderung kosong untuk masyarakat umum, pedagang dapat stok terbatas," katanya dilansir Antara, Senin, 28 Maret.

Soleh menyebutkan enam merek minyak goreng kemasan yang tersedia di Kota Bogor yakni Sania, Fortune, Sunco, Tropical, Resto dan Hemart.

Keenam merek itu memiliki harga yang variatif mulai harga terendah yakni Resto seharga Rp24.000 per liter dan Rp47.000 per dua liter. Selanjutnya ada Sania dengan kemasan biasa dan Hemart dalam kemasan botol seharga Rp25.000 per liter dan Rp48.000 per dua liter.

Sementara, Fortune hanya mengeluarkan kemasan dua liter seharga Rp48.000 dan Tropical seharga Rp50.000 per dua liter. Kemudian yang tertinggi adalah Sunco seharga Rp54.000 per dua liter.

"Kebanyakan keenam merek itu ada di ritel, bagi masyarakat yang mampu bisa membeli minyak goreng kemasan karena stoknya tersedia. Kalau di pasar tradisional kalau pun ada biasanya merek Resto hasil pantauan kami," jelasnya.

Sementara itu, pantauan ANTARA di Toko modern Jogya Juction Jalan Sudirman Kelurahan Pabaton,Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Senin (28/3), rak-rak minyak goreng dipenuhi stok berbagai merek. Bahkan minyak goreng di atas harga Rp70.000 per dua liter pun tersedia.

Sejumlah merek seperti Filma dibandrol seharga Rp47.800 per dua liter dan tropical seharga Rp48.900 per dua liter. Sementara Sunco dibandrol seharga Rp54.000 per dua liter.

Ada pula merek lain dengan harga yang lebih tinggi seperti Mazola Rp48.750 berisi 450 miligram minyak goreng dalam kemasan botol kecil. Juga merek Dougo seharga Rp76.950 untuk kemasan botol lebih dari satu liter.

Pada rak pajangan minyak goreng kemasan itu diberi pengumuman bahwa konsumen hanya boleh membeli satu kemasan per sekali pembelian.

"Jadi bagaimana pun, dengan kondisi yang ada, masyarakat perlu menghemat penggunaan minyak goreng, sampai harga kembali normal. Kami akan terus panjang di lapangan, semoga cepat turun," kata Soleh.