Bagikan:

MEDAN - Rekaman CCTV pria berbaju gamis bersama bocah laki-laki mencuri kotak infak di Medan, Sumatera Utara, viral di media sosial.

Pencurian kotak infak disebut terjadi di Masjid Al Ikhlas, Jalan Muara Sipongi, Kelurahan Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Dalam video, tampak pria masuk bersama anak laki-laki dengan motor. Pria itu menunjuk infak ke bocah laki-laki. 

Saat itu, uang dalam kontak infak dicuri. Uang dimasukkan ke dalam gamis.

Marbot masjid, Suwandi saat ditemui wartawan, membenarkan peristiwa tersebut. Peristiwa baru diketahui Jumat, 25 Maret. 

"Tanggal 22 Maret, pukul 15.00 WIB, di rekaman CCTV ada 2 pria, salah satunya anak di bawah umur menggunakan baju gamis. Pertama diketahui hari Jumat, pas saya hitung infak, ini kok sudah tak pakai gembok. Saya buka isinya sekitar Rp35 ribu," kata Suwandi, Senin, 28 Maret. 

Kedua pelaku berdasarkan rekaman CCTV mengecek kotak infak yang ada di barisan perempuan saat tiba di masjid. 

"Satu per satu dicek. Kotak yang kecil isinya sedikit, karena dihitung setiap Jumat. Kotak besar jarang dibuka, anaknya memakai senter untuk mengintip kotak besar, dilihat banyak uangnya," jelasnya. 

Dari peristiwa tersebut, Suwandi menaksir pelaku berhasil menggondol uang tunai hingga Rp2 juta. Pelaku, katanya, bukan jemaah masjid.

"Setelah itu ada isinya, mereka langsung balik ke kereta ambil tang dan merusak pengait infak. Pelaku tidak ada yang kenal, saya tanya warga sekitar dan Kepling juga tidak ada yang tahu," jelasnya. 

Sampai saat ini, pihak masjid belum membuat laporan ke polisi. "Secara resmi belum, tapi tadi malam dari Medan Timur datang. Rencana melaporkan juga ada," kata dia.