Waspada! BPBD DKI Peringatkan Pintu Air Pasar Ikan Naik Siaga 2
Ilustrasi indikator tinggi muka air di Pos Pantau Pintu Air. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melaporkan tinggi muka air di Pos Pantau Pintu Air Pasar Ikan mengalami kenaikan. Saat ini, pos di Penjaringan, Jakarta Utara itu dinyatakan Siaga 2.

Terpantau ketinggian muka air di Pintu Air Pasar Ikan mencapai 229 cm pada Sabtu pukul 06.00 WIB.

"Antisipasi wilayah yang kemungkinan akan terdampak: Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru," tulis BPBD dalam akun resmi Twitter @BPBDJakarta di Jakarta, Minggu 26 Maret.

Informasi BPBD DKI tersebut juga bersumber dari laporan Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta.

Upaya yang dilakukan BPBD DKI Jakarta selain penyebaran informasi juga memberitahukan kepada camat/ lurah setempat tentang status siaga dua di Pintu Air Pasar Ikan.

Berdasarkan kronologi, tinggi muka air (TMA) Pintu Air Pasar Ikan berstatus siaga dua sejak pukul 00.00 WIB karena ketinggian mencapai 205 cm, kemudian tiga jam setelahnya TMA naik 15 cm menjadi 220 cm, dan menjadi 229 cm pada pukul 06.00 WIB.

Sementara itu prakiraan cuaca pelabuhan di daratan Jakarta dan Kepulauan Seribu pada Sabtu dominan berawan.

BMKG memprakirakan suhu udara di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara berkisar 27-30 derajat Celsius dan kelembaban udara 65-85 persen dengan jarak pandang (visibilitas) lima kilometer.

Demikian pula di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru di Cilincing, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Muara Baru, serta Pelabuhan Kaliadem Muara Angke di Penjaringan.

Ketinggian gelombang air laut antara 0,1-0,5 meter dan diprakirakan pasang maksimum air laut terjadi pukul 09.00 WIB di mana ketinggiannya mencapai 0,9 meter.

Sedangkan di perairan Laut Jawa bagian barat, cuaca diprakirakan hujan ringan dan cuaca Teluk Jakarta berawan dengan kecepatan angin berhembus dari selatan ke barat daya antara 4-10 knots

Angin di utara Perairan Jawa bagian Barat umumnya bertiup dari arah Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar enam hingga 15 knot. Sedangkan Ketinggian gelombang di perairan Laut Jawa bagian Barat berpotensi antara 0,1- 0,5 meter.

Sementara itu, prakiraan ketinggian gelombang di wilayah perairan Kepulauan Seribu mencapai antara 0,5-1,25 meter.

Terkait