Mendag Bakal Umumkan Mafia Minyak Goreng, Dasco: Tak Perlu Gembar-gembor, Tangkap Langsung
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad /FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan Menteri perdagangan (Mendag) M. Lutfi tidak perlu mengumumkan akan adanya penetapan tersangka mafia minyak goreng (migor) oleh pihak kepolisian. Menurutnya, bila mafia sudah diketahui maka semestinya langsung ditangkap oleh penegak hukum. 

"Kalau kita cek memang ada mafianya. Tapi nggak perlu digembar-gembor diumumkan. Tangkap saja langsung menurut saya," ujar Dasco, di gedung DPR, Selasa, 22 Maret.

Apalagi pengumuman ihwal mafia migor batal diumumkan Lutfi yang rencananya dilakukan pada hari Senin, 21 Maret kemarin.

Ketua Harian DPP Gerindra itu mengaku tak mau berspekulasi soal batalnya pengumuman mafia migor. Sebab kata Dasco, hal itu merupakan kewenangan penuh dari aparat penegak hukum untuk segera bertindak.

"Saya pikir enggak perlu diumumkan. Langsung tangkap saja kenapa sih," katanya.

Sebelumnya, Mendag Muhammad Lutfi menyatakan pihak kepolisian bakal mengumumkan terduga mafia minyak goreng pada Senin, 21 Maret.

Lutfi mengatakan dirinya sudah mengantongi sejumlah nama tersangka yang menyebabkan minyak goreng di tengah masyarakat menjadi mahal dan langka.

Lutfi mengatakan langkah itu diambil untuk memastikan mafia minyak goreng itu dapat ditindak secara hukum yang berlaku. Selain itu, dia ingin menampik anggapan miring yang mengatakan pemerintah kalah berhadapan dengan mafia minyak goreng tersebut.

“Pemerintah tidak pernah mengalah apalagi kalah dengan mafia. Saya pastikan mereka akan ditangkap,” kata Lutfi.