“Habib Rizieq Dilaporkan Tewas Tertabrak Unta pada Acara Balapan Unta di Arab Saudi”, Cek Kebenarannya
Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

Bagikan:

JAKARTA - Akun Facebook @YogaHowedes membagikan foto berupa tangkapan layar artikel “The New York Times” berjudul “HRS dilaporkan tewas tertabrak Unta pada acara Balapan Unta di Arab Saudi”, dengan tanggal penerbitan menunjukan 20 September 2020. 

"Sumber lokal menuturkan si Korban dengan sengaja menerobos batas dan memasuki lintasan balap. Setelah ditelusuri lebih dalam ternyata beliau sedang mabuk Pipis unta karena tengah mengalami masalah finansial serius. Tetangga terdekat menuturkan setiap hari didatangi debt kolektor sebelum akhirnya mengalami depresi berat," demikian isi berita.

Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

Melansir dari turnbackhoax.id, informasi ini adalah palsu alias hoaks. Unggahan tersebut masuk dalam kategori misleading konten atau konten menyesatkan.

Dari penelusuran pada laman The New York Times, di kolom pencarian nytimes.com, dengan menggunakan kata kunci “HRS” dan “Arab Saudi”, tidak ditemukan artikel tersebut. 

Nytimes.com tidak pernah mengunggah berita dengan judul tersebut, baik pada 20 September 2020 maupun di tanggal lain.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kamis, 24 September, Sekretaris Umum FPI Munarman memastikan Rizieq dan keluarganya dalam keadaan sehat. Rizieq menjalani sejumlah kegiatan di Arab Saudi.

"Alhamdulillah beliau sehat wal afiah. Semoga bisa segera bergabung kembali ke Tanah Air yang sangat beliau cintai ini," tutur Munarman.