Maju Pilkada Medan, Plt Wali Kota Akhyar Nasution Perintahkan ASN Tetap Netral
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution (DOK. Pemko Medan)

Bagikan:

MEDAN - Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution memerintahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Medan agar bersikap netral pada Pilkada tahun 2020. Akhyar tak ingin ASN terlibat politik praktis.

Perintah ini disampaikan langsung Akhyar Nasution di hadapan para pimpinan OPD dan camat di lingkungan Pemko Medan.

“Sesuai peraturan yang ada, saya perintahkan kepada seluruh ASN Kota Medan agar menjaga netralitasnya dalam Pilkada tahun ini,” tegas Akhyar Nasution dikutip VOI, Kamis, 24 September.

Dalam pertemuan yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, Akhyar Nasution meminta kepada seluruh aparatur penyelenggara Pilkada termasuk juga aparat penegak hukum agar menjaga Pilkada 2020 berjalan. Akhyar berharap masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya secara merdeka dan tanpa tekanan.

"Pelaksanaan Pilkada ini harus kita jaga bersama sehingga masyarakat merdeka menggunakan hak pilihnya dan menghasilkan pemimpin yang betul-betul diharapkan oleh masyarakat,” sambung Akhyar.

Sementara itu Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, mengatakan pertemuan Rabu, 23 September ini untuk saling mengingatkan antara ASN sebab 9 Desember mendatang merupakan hari pemungutan suara untuk pilkada kota Medan. Sesuai peraturan, ASN tidak boleh terlibat politik praktis.

"Walaupun kita sebagai ASN memiliki hak pilih, tetapi tetap tidak boleh terlibat dalam politik praktis,” ujar Wiriya.