Beredar Foto “Megawati Pidato di Podium Berlogo Palu Arit Didampingi Jokowi”, Cek Faktanya
Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

Bagikan:

JAKARTA - Akun Irfan Kalangkangkong (fb.com/irfan.kalangkangkong) mengunggah sebuah foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo dengan narasi: “Oalah ternyata PKI toh

Foto itu memperlihatkan Megawati Soekarnoputri berpidato di sebuah podium yang terdapat logo palu arit atau yang identik dengan logo PKI. Di sebelahnya tampak Presiden Joko Widodo yang mengenakan seragam hitam dengan baret merah.

Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id

 

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id, klaim foto Megawati Soekarnoputri berpidato didampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah podium yang terdapat logo palu arit atau yang identik dengan logo PKI adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto hasil editan. Foto asli di podium itu bukanlah logo palu arit, melainkan logo Satgas PDIP Cakra Buana bergambar matahari putih dengan simbol banteng di tengahnya.

Foto tersebut diambil ketika Megawati yang saat itu didampingi oleh Jokowi tengah berpidato pada apel peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2013. Ketika itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Momen ini pernah ditayangkan oleh merdeka.com dengan judul Jokowi dampingi Mega apel peringatan Hari Pancasila.

Tangkap layar dari situs turnbackhoax.id