Jelang Ramadan, Satpol PP DKI Bersiap Razia Alkohol dan Awasi Praktik Asusila
Petugas TNI/Polri juga terlibat dalam pengamanan selama Ramadhan bersama Satpol PP DKI dalam apel kesiapsiagaan di Monas, Jakarta, Senin (21/3/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov DKI Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Satpol PP DKI Arifin menyebut pihaknya bersiap melakukan pengawasan ketenteraman dan ketertiban umum saat memasuki bulan suci Ramadan 1443 H.

Hal ini ia sampaikan saat memimpin Apel Kesiapsiagaan dan Antisipasi Gangguan (Ketenteraman dan Ketertiban Umum) Tramtibum Menjelang Bulan Suci Ramadan 1443 H di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Selain mengawasi penerapan protokol kesehatan yang selama ini dilakukan, Arifin mengungkapkan pihaknya akan mulai mengawasi dan merazia peredaran minuman beralkohol hingga pengawasan praktik asusila selama bulan Ramdan nanti.

"Potensi pelanggaran dan gangguan ketenteraman serta ketertiban umum seperti peredaran minuman keras beralkohol, dan praktik asusila juga menjadi sasaran pengawasan, dan penindakan personel selama bulan Ramadan," kata Arifin pada Senin, 21 Maret.

Kemudian, fokus pengawasan perlu menjadi perhatian personel di lapangan selama bulan Ramadan juga adalah potensi munculnya penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di setiap sudut-sudut kota dan jalan-jalan umum.

"Kita lakukan patroli pengawasan di berbagai tempat di lokasi-lokasi PMKS berada. Kita edukasi, ingatkan, kemudian kita lakukan pembinaan dengan Dinas Sosial," ucap Arifin.

Arifin pun meminta jajarannya untuk bertindak tegas dalam melakukan pengawasan ketenteraman dan ketertiban umum (tramtibum) agar situasi tetap aman dan kondusif selama menjalankan ibadah Ramadan. Meski demikian, cara bertindaknya pun tidak menunjukkan arogansi dan kesewenang-wenangan.

“Saya minta untuk mengingatkan dan mengedukasi seluruh masyarakat agar Jakarta menjadi kota yang tertib, teratur dan nyaman selama Ramadan, agar semua masyarakat bisa menjalani ibadah dengan nyaman dan tenteram," imbuhnya.