IHSG Dibuka Menguat Tipis, Simak Saham BNI, BRI, Bank Mandiri
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau pada perdagangan Rabu 23 September. IHSG dibuka menguat tipis 0,41 persen atau 20,1 persen ke level 4.954,19.

Membuka perdagangan, 74 saham menguat, 11 saham melemah, dan 35 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 39,88 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp37,78 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, pergerakan IHSG  pada perdagangan hari ini berpeluang mengalami pembalikan arah setelah kemarin tertahan di teritori negatif dan ditutup anjlok 1,31 persen ke level 4.934.

"Laju IHSG hari ini akan bergerak bullish menuju target resistance terdekat di level 4.975," ujar Nafan dalam risetnya.

Dia menyebutkan, ada potensi penguatan pada pergerakan IHSG. Saat ini IHSG memiliki support pertama dan kedua di level 4.865 dan 4.778, sedangkan target resistance pertama dan kedua berada di posisi 4.975 dan 5.097.

Nah, di tengah potensi pembalikan arah menguat pada laju IHSG hari ini, Nafan menyodorkan sejumlah saham yang bisa dicermati pelaku pasar, yakni PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT PP (Persero) Tbk (PTPP), dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA).

Pandangan berbeda disampaikan analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi. Dia mengatakan pergerakan IHSG berpotensi tertekan mendekati level support-resistance 4.880-4.990.

Dengan demikian, jelas dia, potensi pelemahan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengoleksi saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Unilever Tbk (UNVR).