Bertemu Duarte Pacheco, Dubes RI Lisabon Sampaikan Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah IPU ke-144 di Bali
Dubes RI Lisabon, Rudy Afonso melakukan courtesy call dengan Presiden International Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco di kantor Parlemen Portugal/ Dok Dubes RI Lisabon

Bagikan:

JAKARTA - Dubes RI Lisabon, Rudy Afonso melakukan courtesy call dengan Presiden International Inter-Parliamentary Union (IPU), Duarte Pacheco di kantor Parlemen Portugal (Assembleia da República), pada 14 Maret 2022.

Dalam courtesy call itu, Dubes RI Lisabon Rudy Alfonso menyampaikan kesiapan Indonesia dan Bali sebagai tuan rumah Assembly Meeting IPU ke-144 yang akan diselenggarakan pada 20–24 Maret 2022 di Nusa Dua, Bali.

Dubes RI menyampaikan, Ketua DPR RI Puan Maharani hadir di Bali secara langsung untuk memastikan kesiapan pelaksanaan pertemuan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Presiden IPU menjelaskan, dirinya sudah berkomunikasi secara intensif dengan Ketua DPR RI dalam rangka persiapan penyelenggaraan event besar ini, serta menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

Presiden IPU menjelaskan, hingga saat ini terdapat 120 negara atau delegasi yang akan hadir pada pertemuan IPU ke-144 dan kemungkinan jumlah dimaksud masih akan bertambah. Dia sempat menyatakan harapannya agar Amerika Serikat dapat bergabung menjadi anggota IPU.

Selain membahas terkait persiapan dan penyelenggaraan IPU Assembly Meeting, Dubes Rudy Alfonso dan Mr. Duarte Pacheco juga membicarakan mengenai situasi yang terjadi di Ukraina dan harapan agar perdamaian dapat segera terlaksana.

Dalam pertemuan tersebut juga disinggung mengenai hubungan bilateral Indonesia dan Portugal termasuk keinginan untuk mengaktifkan kembali Grupo Parlementar de Amizade Portugal–Indonesia (Indonesia–Portugal Friendship Group) dan menggarisbawahi adanya kesamaan antara Portugal dan Indonesia dalam sektor pariwisata.

Presiden IPU menyampaikan pada masa sebelum pandemi, setiap tahunnya Portugal dikunjungi oleh lebih dari 24 juta orang wisatawan. Angka tersebut merupakan dua kali lipat dari penduduk Portugal yang berjumlah lebih dari 10 juta orang.

Namun setelah pandemi, wisatawan asing yang berkunjung ke Portugal hanya mencapai 2 juta orang. Merespons hal tersebut, Dubes RI menjelaskan bahwa momentum pertemuan IPU di Bali ini disambut dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat Bali karena akan membantu memulihkan kembali sektor pariwisata dan perekonomian Bali.

Mr. Duarte Pacheco yang terpilih menjadi Presiden IPU pada November 2020, diperkirakan akan tiba di Bali pada 16 Maret 2022. Tercatat 5 orang anggota Parlemen Portugal dan 2 orang penterjemah yang akan hadir pada pertemuan IPU di Bali. Demikian keterangan resmi kepada VOI, Rabu, 16 Maret.