Pidato Indonesia Tentang Kesetaraan Wanita di Sidang ke-144 IPU Dipuji Forum Parlemen Dunia
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) menghadiri Forum of Women Parliamentarians bagian dari Sidang Majelis Ke-144 IPU. (ANTARA/HO-Media DPR RI)

Bagikan:

BALI - Pidato dan kepemimpinan Ketua DPR RI Puan Maharani saat Sidang Majelis Ke-144 forum parlemen dunia Inter-Parliamentary Union (IPU) dipuja-puji.

Presiden IPU Duarte Pacheco dan Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong serta para delegasi yang mewakili parlemen dari 115 negara memuji Puan saat acara yang digelar di BICC, Nusa Dua, Bali, pada 20-24 Maret 2022.

Delegasi yang mewakili parlemen Meksiko Marisol Garcia Segura menilai, pidato Puan sebagai pimpinan sidang majelis menginspirasi.

“Pidato Ibu pimpinan luar biasa. Dia berbicara tentang persamaan (kesetaraan). Dia memiliki gagasan hebat dan dia tahu kondisi yang dihadapi perempuan, khususnya saat pandemi COVID-19," kata Marisol, dikutip dari Antara.

Dia juga sepakat dengan usulan Puan yang mendorong parlemen membangun budaya perdamaian (culture of peace).

"Perspektif Indonesia bagus. Kami senang kita bisa saling berbagi di forum ini karena kita punya kesamaan dalam mempersiapkan masa depan, kesamaan dalam (memperjuangkan) isu perempuan," terang dia.

Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong juga menyampaikan pujian kepada Puan. "Kepemimpinan Puan Maharani di penyelenggaraan IPU menjadi simbol kepemimpinan perempuan di dunia," kata Martin Chungong.

Terkait dengan itu, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhiela Fararez menyampaikan apresiasi kepada Ketua DPR RI juga diberikan oleh para ketua delegasi yang menemui Puan di pertemuan bilateral.

Menurut para ketua delegasi itu, Indonesia adalah tuan rumah yang profesional dan perhatian terhadap kebutuhan para tamu undangan.

"Ibu Ketua (DPR RI) selalu menanyakan kebutuhan para delegasi. Kalau ada kekurangan, (mereka) bebas menyampaikan. Hal-hal kecil itu mendapat respons hangat dari (tamu undangan),” kata Gilang.

Di sela-sela Sidang Majelis Ke-144 IPU, Ketua DPR RI Puan Maharani telah mengadakan pertemuan bilateral dengan parlemen dari Mesir, Liga Arab, Korea Selatan, Bahrain, Thailand, Timor Leste, Kuwait, Sri Lanka, Qatar, Tanzania, Malawi, dan Guyana.