Transjakarta Masih Sering Kecelakaan, Dirut: Kita Sudah Peringatkan Operator
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Transjakarta Yana Aditya merespons kecelakaan bus Transjakarta yang sampai saat ini masih sering terjadi.

Yana mengatakan usai rentetan kecelakaan bus Transjakarta yang pernah terjadi akhir tahun lalu hingga mendapat audit dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dirinya telah memberikan peringatan keras kepada operator selaku perekrut pengemudi busnya.

"Dari kita, apa yang sudah kita lakukan? Kita sudah memberikan peringatan kepada operator. Jadi ada dua operator di sana, Mayasari dan Pahala Kencana yang kemarin ada kecelakaan. Kita berikan peringatakan," kata Yana saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Selasa, 15 Maret.

Sedangkan terhadap pengemudi bus Transjakarta yang terlibat dalam kecelakaan, Yana menyebut pihaknya memberikan sanksi skors. Hal ini dilakukan agar sang sopir fokus menjalani pemeriksaan.

Yana menganggap, tindakan Transjakarta yang cukup dengan memberikan peringatan kepada operator sudah bisa memberi efek jera dan lebih bisa mencegah kecelakaan kembali terjadi di kemudian hari.

"Salah satu yang kita berikan adalah kepada semua operator yang melakukan pelanggaran itu kita peringatan. Semuanya ada efek jerannya dan tentu ada efeknya untuk kedepan seperti apa. Mereka kan kontrak dengan kita," ungkap Yana.

Sebagaimana diketahui, kecelakaan Transjakarta kembali terjadi beberapa waktu terakhir. Bahkan, dalam dua hari ini, ada empat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta.

Kecelakaan tersebut terjadi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Minggu, 13 Maret 2022 sekitar pukul 06.10 WIB. Dalam kecelakaan ini, seorang pengendara motor wanita berinisial M dilaporkan meninggal dunia.

Di hari yang sama, kecelakaan kembali terjadi di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan sekitar pukul 06.30 WIB. Satu bus Transjakarta menabrak separator hingga menyebabkan bahan bakar tumpah ke jalan.

Kemudian, kecelakaan kembali terjadi di Jalan Layang Simprug, Jakarta Selatan sekira pukul 23.30 WIB. Saat itu, mobil Mercedes Benz melawan arus dan terlibat adu banteng dengan bus Transjakarta hingga ringsek pada dua kendaraan itu.

Selanjutnya, sekitar pukul 08.30 WIB hari ini, bus Transjakarta menabrak seorang pemulung di Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan. Akibatnya, korban tersebut tewas dan bus mengalami kerusakan.