Jokowi Satukan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di IKN, Gubernur Kaltim Terharu
Gubernur Kaltim Isran Noor/FOTO via BPMI Setpres

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan rasa suka cita sekaligus terharu atas prosesi penyatuan tanah dan air yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam Ritual Kendi Nusantara ini, seluruh gubernur di 34 provinsi datang ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, dan membawa tanah dari masing-masing wilayahnya untuk disatukan.

"Saya sebagai Gubernur Kalimantan Timur sangat terharu dan sekalian sangat bangga, sebuah acara kenegaraan, yang pada hari ini seluruh gubernur seluruh daerah kumpul dan menyatukan tanah-tanah yang ada di seluruh wilayah Indonesia ini," kata Isran Noor dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 14 Maret.

Isran Noor mengungkapkan, seremoni ini menjadi hal yang pertama kali dilakukan dan akan dipandang sebagai sejarah dunia.

Dia menyebut proses pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara ini akan berdampak posotif bagi warga Kalimantan Timur. Sebab, IKN Nusantara akan menimbulkan kesetaraan pembangunan.

"Ini akan berdampak luas dari segi pemerataan dan keadilan pembangunan di Nusantara ini. Karena kalau kita garis silang ini, Ibu Kota berada di titik silang itu. Jadi dampak ekonomi, pembangunan, kesejahteraan masyarakat otomatis akan mengikutinya," jelas dia.

Sebagai informasi, prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur di kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur telah dilakukan pada hari ini, Senin, 14 Maret.

Acara ini diawali dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, Jokowi didampingi Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menerima tanah dan air dari para gubernur untuk kemudian dituangkan ke Bejana Nusantara.